PENYELENGGARAAN WORKSHOP DARING DAN LURING DENGAN TEMA “IMPLEMENTASI SINGLE BILLING LAYANAN KAPAL PADA SINKARKES DAN TATA CARA PENGISIAN FORMULIR SERTIFIKAT SANITASI KAPAL” SUBSTANSI PRL KKP KELAS II PONTIANAK

Oleh : Nelly Verawati, Harys Tri Laksana

Pontianak, 7 Agustus 2023


Jum’at, 21 Juli 2023 bertempat di Aula KKP Kelas II Pontianak, Substansi Pengendalian Risiko Lingkungan (PRL) KKP Kelas II Pontianak menyelenggarakan Workshop secara daring dan luring  model  pembelajaran dengan tema "Implementasi Single Billing Layanan Kapal Pada Sinkarkes dan Tata Cara Pengisian Formulir Sertifikat Sanitasi Kapal".  Menurut Moderator, Nelly Verawati, SKM., M.Kes, penyelenggaraan workhop ini sebagai sarana sharing dan review keilmuan dengan tujuan meningkatkan kinerja para staf Substansi PRL yang berkenaan dengan tupoksi dan kewajiban yang melekat pada profesi masing-masing. Agenda workshop meliputi sambutan dari Kepala Kantor KKP Kelas II Pontianak Bapak Rahmat Subakti, SKM., MHM dan penyampaian materi oleh narasumber yaitu Harys Tri Laksana, SKM dan Feliandre Marafelino, SKM.

Gambar 1. Workshop secara daring dan luring model pembelajaran dengan tema "Implementasi Single Billing Layanan Kapal Pada Sinkarkes dan Tata Cara Pengisian Formulir Sertifikat Sanitasi Kapal"

Kepala Kantor KKP Kelas II Pontianak, Bapak Rahmat Subakti, SKM., MHM dalam sambutannya menyampaikan penyelenggaraan workshop harus sering dilakukan setelah lama vakum akibat pandemic Covid – 19 sebagai sarana untuk Self-Upgrade dengan pengetahuan-pengetahuan baru dan melek teknologi adalah langkah-langkah bertransformasi menuju era digitalisasi, kemudian dilanjutkan dengan paparan materi pertama oleh Harys Tri Laksana, SKM tentang Implementasi Single Billing Layanan Kapal Pada Sinkarkes.

Pada paparannya dijelaskan Single Submission Pengangkut yang selanjutnya disebut dengan SSm Pengangkut adalah pengajuan permohonan secara tunggal, dimana pelaku usaha hanya perlu melakukan pengisian elemen data serta isian lainnya melalui SINSW (Sistem Indonesia National Single Window) yang selanjutnya akan dialirkan kepada Kementerian dan Lembaga terkait sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing untuk diproses lebih lanjut. Pada Kementerian Kesehatan terdapat aplikasi yang disebut SINKARKES yaitu Sistem Informasi dan manajemen pelayanan kekarantinaan dan kesehatan pelabuhan, bandara, dan pos lintas batas darat negara di Indonesia yang berbasis web yang menampung pelayanan publik, data informasi, dan penerbitan dokumen kekarantinaan kesehatan secara online dan menyediakan database yang cepat, tepat, akurat dan transparan.

Pada paparan materi kedua oleh Feliandre Marafelino, SKM tentang Tata Cara Pengisian Formulir Sertifikat Sanitasi Kapal dijelaskan berdasarkan Permenkes 40 tahun 2015 pemeriksaan Sanitasi oleh petugas KKP dilaksanakan dalam rangka pemberian Sertifikat Sanitasi Kapal atau pengawasan kesehatan Kapal dalam rangka kekarantinaan kesehatan. Pemeriksaan Sanitasi dilakukan pada seluruh ruang dan media pada Kapal yang meliputi dapur, ruang rakit makanan, gudang, palka, ruang tidur, air bersih, limbah cair, tangki air ballast, sampah medik dan sampah padat, air cadangan, kamar mesin, fasilitas medik, kolam renang dan area lain yang diperiksa.

Gambar 2. Arahan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak pada Workshop secara daring dan luring model pembelajaran dengan tema "Implementasi Single  Billing Layanan Kapal Pada Sinkarkes dan Tata Cara Pengisian Formulir Sertifikat Sanitasi Kapal"

Alur Urutan Pemeriksaan Ruang Kapal untuk pencegahan kontaminasi silang saat melakukan inspeksi dilakukan dari area yang paling bersih ke area berikutnya, sedangkan untuk kode temuan hasil pemeriksaan sanitasi di kapal mengikuti Handbook for Inspection of Ships and Issuance of Ship Sanitation Certificates, WHO 2011.

Diikuti oleh 42 peserta yang terdiri dari staf Substansi PRL, Substansi UKLW dan Substansi PKSE KKP Kelas II Pontianak dan KKP Kelas IV Entikong penyelenggaraan workshop ini berjalan dengan lancar dan kedepannya akan diadakan workshop lagi dengan tema yang berbeda.

Gambar 3. Sesi foto  bersama pada Workshop secara daring dan luring model pembelajaran dengan tema "Implementasi Single  Billing Layanan Kapal Pada Sinkarkes dan Tata  Cara Pengisian Formulir Sertifikat  Sanitasi Kapal"