PENCANANGAN MGC (MOTOR GERAK CEPAT) SEBAGAI INOVASI PELAYANAN PUBLIK KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS II PONTIANAK TAHUN 2023

Oleh  Nelly Verawati, SKM., M.Kes

Pontianak, 4 Desember 2023

Pelayanan publik adalah segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh Instansi Pemerintah di Pusat, di Daerah, dan di lingkungan Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Daerah, dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan. Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia pasal 1 Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, pengertian pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas jasa, barang, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.

Tujuan pelayanan prima merupakan kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan maupun pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan secara baik atau minimal sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditentukan. Pelayanan prima dapat memberikan pelayanan yang dapat memenuhi dan memuaskan kebutuhan serta berfokus kepada masyarakat secara sangat baik atau terbaik. Pelayanan prima bermanfaat bagi upaya peningkatan kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat sebagai pelanggan dan sebagai acuan pengembangan penyusunan standar pelayanan.

Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak pada hari jumat 10 Nopember 2023, melakukan pencanangan sarana pelayanan publik yaitu MGC (Motor Gerak Cepat). Penyematan pin petugas MGC dan penempelan Stiker MGC dilakukan oleh Kepala KKP Kelas II Pontianak Bapak dr. Mokhamad Zainul Mukhorobin, MMRS dan didampingi oleh Ketua Pokja Pelayanan Publik KKP Kelas II Pontianak Ibu Nelly Verawati, SKM., M.Kes dan Ibu Nuzzilla Rahma.

Bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59, Pencanangan MGC diawali dengan senam sehat bersama dengan masyarakat dan stake holder yang berada di Pelabuhan dan bandar udara kemudian dilanjutkan dengan Skrining PTM (Penyakit Tidak Menular ) yaitu pemeriksaan kolesterol dan gula darah.

MGC (Motor Gerak Cepat) yaitu sarana pelayanan publik menuju zona integritas sebagai inovasi pelayanan publik yang dimiliki oleh KKP Kelas II Pontianak, dengan tujuan memberikan pelayanan prima (kompensasi) bagi pengguna jasa berupa pengantaran dokumen kesehatan ke rumah atau kantor pengguna jasa yang ketika kepengurusan dokumen tersebut mengalami kendala seperti waktu pelayanan yang tidak sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditentukan, mati lampu atau gangguan internet.