SOSIALISASI DAN PEMBENTUKAN FORUM PELABUHAN SEHAT PONTIANAK

Oleh  Nelly Verawati, SKM., M.Kes

Pontianak, 28 November 2023

Pelabuhan dan Bandar Udara yang aman, nyaman, bersih dan sehat, merupakan kebutuhan bagi masyarakat pengguna jasa transportasi di Pelabuhan dan Bandar Udara. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut perlu dilakukan pengelolaan kualitas lingkungan secara fisik dan sosial melalui penyelenggaraan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat oleh setiap pemangku kepentingan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Pembentukan Forum Pelabuhan Sehat Pontianak dilaksanakan di Ruang Pertemuan Dwikora Kantor PT. Pelindo Regional II Pontianak pada hari Rabu tanggal 08 Nopember 2023. Kegiatan ini di awali dengan kata sambutan oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran  Dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Pontianak Bapak Capt. Weku Frederik Karuntu, MM dan General Manager PT.Pelindo Regional II Pontianak Bapak Hambar Wiyadi. Sebagai narasumber kegiatan ini Kepala KKP Kelas II Pontianak Bapak dr. Mokhamad Zainul Mukhorobin, MMRS yang memaparkan tentang konsep penyelenggaraan Pelabuhan sehat dan Koordinator Substansi PRL KKP Kelas II Pontianak Ibu Nelly Verawati, SKM., M.Kes yang memaparkan tentang formulir assessment penyelenggaraan Pelabuhan Sehat. 

Forum pelabuhan sehat atau forum bandar udara sehat terdiri atas unsur instansi terkait baik pusat maupun daerah yang membidangi Karantina, Imigrasi dan Bea cukai, pelaku usaha, dan perwakilan asosiasi kemasyarakatan yang akuntabel berada di Pelabuhan atau Bandar Udara. Tujuan Pembentukan Forum Pelabuhan Sehat Pontianak adalah sebagai suatu sarana atau wadah partisipasi semua instansi dan stake holder yang berada di Kawasan Pelabuhan Pontianak untuk ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan Pelabuhan sehat di kota Pontianak. 

Dalam penyelenggaraan Pelabuhan sehat terdapat 2 indikator yaitu indikator aspek kegiatan dan indikator kelembagaan. Di indikator aspek kegiatan terdapat 5 bidang yaitu bidang penyelenggaraan dan Kesehatan lingkungan, bidang penataan sarana dan fasilitas, bidang peningkatan hidup bersih dan sehat, bidang peningkatan keselamatan dan Kesehatan kerja dan bidang peningkatan keamanan dan ketertiban. Sedangkan indikator kelembagaan terdapat legal aspek, rencana kerja, kegiatan umum, pendanaan, aktivitas anggota, kantor sekretariat dan kelompok Masyarakat.  

Dengan terbentuknya Forum Pelabuhan Sehat Pontianak diharapkan  menjadi wadah komunikasi yang bersifat dinamis, aspiratif dan integrative, serta menjalin kemitraan dan menciptakan kolaborasi dalam penyelenggaraan Pelabuhan sehat yang berkelanjutan dan berkesinambungan.