SOSIALISASI PENGUATAN PENERAPAN PELAYANAN PRIMA DAN KUALITAS PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK KKP KELAS II PONTIANAK

Oleh Nelly Verawati (Pokja 6 WBK KKP Kelas II Pontianak)

Pontianak, 26 September 2023


Gambar 1. Pembukaan Sosialisasi Penguatan Penerapan Pelayanan Prima dan Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik KKP Kelas II Pontianak

Pelayanan Prima atau excellent service merupakan suatu pola layanan terbaik dalam manajemen modern yang mengutamakan kepedulian terhadap pelanggan (pengguna layanan). Service excellent diharapkan mampu memberikan layanan di atas harapan yang diinginkan  dan menjadi target yang harus dicapai setiap organisasi untuk menghasilkan pelayanan jasa yang optimal, tidak terkecuali di instansi pemerintah. 

Setiap institusi pemerintah yang berorientasi pelayanan publik perlu memiliki Standar Pelayanan Minimum untuk melaksanakan prinsip-prinsip good governance and clean government, khususnya dalam hal penyediaan layanan berkualitas terhadap stakeholders.

Dalam memberikan pelayanan yang prima, pegawai KKP Kelas II Pontianak mengimplementasikan Budaya Pelayanan Prima (Service Excellent) dan 4S (Senyum, Salam, Sapa, Santun). Pelayanan prima berhubungan erat dengan pelayanan yang dilakukan dalam upaya untuk memberikan rasa puas dan menumbuhkan kepercayaan pengguna layanan.

Dalam rangka meningkatan kualitas pelayanan kepada para pengguna layanan, Jumat (22/9), KKP Kelas II Pontianak menyelenggarakan Sosialisasi Penguatan Penerapan Pelayanan Prima dan Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik bertempat di Aula KKP Kelas II Pontianak. Sosialisasi ini diselenggarakan atas sinergitas dengan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pontianak. Hadir sebagai narasumber yaitu Bapak Agus Wahyudi selaku Kepala Seksi Sistem Kepatuhan Internal KPPN Pontianak.

Dalam pemaparannya, Bapak Agus Wahyudi, S.Mn., M.P.A menyampaikan tentang budaya layanan prima di KPPN Pontianak yang meliputi Visi, Moto, Janji Layanan serta Standard Layanan KPPN yang meliputi komponen standar pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian layanan (service delivery), proses pengelolaan layanan (manufacturing) dan implementasi komponen kelengkapan penyelenggaraan layanan (complementary). Excellent customer service tercapai dengan memberikan pelayanan lebih dari apa yang diharapkan pelanggan atau pengguna layanan. 

Gambar 2. Pemberian materi pada Sosialisasi Penguatan Penerapan Pelayanan Prima dan Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik KKP Kelas II Pontianak oleh Bapak Agus Wahyudi selaku Kepala Seksi Sistem Kepatuhan Internal KPPN Pontianak

Dalam pelayanan dimulai dengan selalu memberikan senyum, salam, sapa, sopan, santun dan tanyakan apa yang dibutuhkan pelanggan, tawarkan bantuan, serta selalu berusaha memberikan solusi dari permasalahan pengguna layanan. Selain itu terdapat tiga konsep dasar yang harus diperhatikan dalam mewujudkan pelayanan prima yaitu sikap, perhatian, dan tindakan. Sikap pelayanan yang harus tertanam pada diri setiap pegawai adalah sikap yang baik, ramah, penuh simpatik, dan memiliki kemam-puan berkomunikasi yang efektif dengan pengguna layanan, kemampuan menampilkan layanan yang dijanjikan dengan akurat dan andal, memiliki pengetahuan dan tatakrama serta kemampuan untuk membangun kepercayaan dan keyakinan pada layanan yang diberikan.

Kegiatan ini diikuti dengan sangat antusias oleh semua staf KKP Kelas II Pontianak yang hadir, dan tentunya akan menambah wawasan dan pengetahuan para staf KKP Kelas II Pontianak dalam menerima pengguna layanan yang membutuhkan pelayanan KKP Kelas II Pontianak dengan menerapkan excellent service atau pelayanan prima.

Gambar 3. Sesi diskusi pada Sosialisasi Penguatan Penerapan Pelayanan Prima dan Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik KKP Kelas II Pontianak