IMPLEMENTASI PERUBAHAN BUDAYA KERJA DI LINGKUNGAN BKK KELAS I PONTIANAK

Oleh  : Yeni, S.Sos

Pontianak, 18 April 2024

Untuk mendukung pelaksaaan 6 pilar transformasi Kesehatan perlu di lakukan Transormasi Internal Kementerian Kesehatan membentuk internal Transfoamation Office yang tugas utamanya adalah melakukan perubahan budaya kerja agar pelaksanaan transformasi Kesehatan dilakukan secaara berkesinambungan.

Dalam melakukan Transformasi Internal pada hakikatnya adalah melakukan program perubahan budaya kerja. Perubahan budaya kerja Kemenkes dibangun berdasarkan Visi Core Values BerAKHLAK sesaui panduan dari Kemenpan-RB, yaitu : Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompoten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.

Salah satu ritual dalam tema perubahan budaya adalah Mandatory Knowledge sharing. Dalam konteks transformasi, Knowledge sharing memiliki peran penting untuk memastikan informasi  dan pengetahuan yang relevan tersebar secara merata di seluruh organisasi . Dalam penelitian yang dilakukan oleh Profesor Manajemen dari Wharton, Larry Hrebiniak, di sebutkan bahwa kendala dalam melakukan eksekusi terhadap rencana kerja adalah sharing informasi yang tidak baik atau tidak akurat.

Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pontianak, merupakan Unit Pelaksana Tehnis Direktur Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan yang melaksanakan tugas Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Pelabuhan dan Bandara dan Dukungan Menejeman Penegahan dan Pengendalian Penyakit.  Penerapan  Knowledge sharing sudah di laksanakan secara bertahap pada tanggal 28 Maret 2024 di Aula BKK Kelas I Pontianak, yang bertujuan untuk menyebarluaskan ilmu dan informasi yang di peroleh oleh ASN dari hasil mengikuti pertemuan dan Pendidikan pelatihan.

Guna meningkatkan kompetensi ASN , Knowledge sharing merupakan suatu forum yang sangat berharga, di mana para peserta Bersama sama saling berinteraksi dan berdiskusi serta berbagi informasi sehingga dapat meningkatkan kearaban dan kerjasamanya .

Sumber daya manusia mempunyai peran strategis dalam mendukung pencapaian tujuan organisasi. Upaya pemberdayaan sumber daya manusia melalui peningkatan kemampuan dalam bentuk proses dan hasil kerja merupakan hal yang perlu di lakukan.

Knowledge sharing memiliki pengaruh yang langsung dapat meningkatkan kinerja pegawai itu sendiri, dengan adanya pengaruh langsung dari Knowledge sharing ke kinerja pegawai memperlihatkan bahwa pada saat pegawai sudah menjalankan kebiasaannya untuk berbagi pengetahuan, maka dengan sendirnya pegawai pegawai tersebut dapat mencari cara untuk meningkatkan kinerjanya, meskipun belum ada pelatihan untuk peningkatan kompetensi pegawai terlebih dahulu.

Dengan terlaksananya Knowledge sharing di Lingkungan BKK Kelas I Pontianak, di harafkan dapat bermanfaat bagi seluruh ASN, karena dapat saling belajar satu sama lain , berbagi ilmu dan informasi, yang dapat meningkatkan kinerja Organisasi dengan menyebarluaskan pengetahuan dengan ASN lain yang akan menambah nilai dan kinerja kedepannya menjadi lebih baik.


REFERENSI :

BUKU PEDOMAN PERUBAHAN BUDAYA KERJA KEMENTERIAN KESEHATAN.

Untuk Akselerasi Transformasi Internal tahun 2024.