Pelayanan Vaksinasi Covid-19, Instalasi dan Uji Fungsi Mesin Tes Cepat Molekuler dalam Rangka Penanganan Covid-19 di Pintu Masuk Negara PLBN Badau serta Koordinasi Penanganan Pelaku Perjalanan Internasional/Pekerja Migran Indonesia di PLBN Badau

Jumat, 1 Oktober 2021

Pada tanggal 1 Oktober 2021 KKP Kelas II Pontianak Wilker PLBN Badau mengadakan Pelayanan Vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat umum di lingkungan PLBN Badau, Kabupaten Kapuas Hulu. Sebanyak 52 orang peserta hadir dan sebanyak 50 orang telah menerima dosis pertama vaksin Covid-19. Semua peserta vaksin pulang dalam keadaan sehat dan telah menerima bukti vaksinasi dari aplikasi P-Care.

Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak wilker PLBN Badau mendapat bantuan dari Kementerian Kesehatan RI berupa mesin Tes Cepat Molekuler (TCM) dari Subdit Tuberkulosis. Mesin TCM ini juga dapat dipergunakan untuk pemeriksaan PCR Covid-19 sehingga memudahkan skrining pelaku perjalanan internasional yang masuk melalui PLBN Badau.

Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak berkoordinasi dengan Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu serta Komando Distrik Militer 1206 Putussibau dalam hal penanganan pelaku perjalanan internasional serta melakukan penguatan kapasitas petugas internal utk penanganan Pekerja Migran Indonesia dan pelaku perjalanan internasional lainnya yang masuk melalui PLBN Badau. PLBN Badau sementara ini ditutup untuk arus kedatangan pelaku perjalanan internasional tetapi untuk mengantisipasi kedatangan illegal Pekerja Migran Indonesia, tetap dilaksanakan penguatan di pintu masuk PLBN Badau terutama untuk pemeriksaan PCR Covid-19 serta fasilitas karantina dan isolasi.