KEGIATAN KOLABORASI VAKSINASI COVID 19 DINAS KESEHATAN KOTA PONTIANAK DAN KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS II PONTIANAK

Pontianak, 2 Juni 2021.

Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 tahap pertama tanggal 2 juni 2021 di Pondok Kakap Kota Pontianak dengan sasaran marga Tionghoa indonesia Kota Pontianak dengan total 160 orang, terdaftar 160 orang, di vaksinasi 152 orang, 8 orang di tunda karena Hipertensi, jumlah vial yang digunakan 14 vial.

Dengan vaksinator Tim Dinkes Kota Pontianak, Tim KKP Kelas II Pontianak, Tim RS. Kharitas Bakti dan Tim RS. Promedika. Kolaborasi tim vaksinasi COVID – 19 ini dilakukan untuk mempercepat capaian vaksinasi bagi lansia di Kota Pontianak. Kegiatan vaksinasi ini juga dihadiri oleh Walikota Kota Pontianak Bapak Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, MM.,MT.

Kegiatan alur vaksinasi ini terbagi dalam 2 meja yakni meja 1 untuk screening dan vaksinasi serta meja 2 untuk pencatatan dan observasi. Ada juga ruang tunggu untuk menunggu sasaran yang datang. Di ruang tunggu ini akan ada petugas mobile yang akan melakukan pengecekan sasaran melalui pedulilindungi.id dan membagikan kertas kendali yang harus diisi oleh sasaran. Setelah dari ruang tunggu, selanjutnya peserta menuju meja 1. Di meja ini, setelah sasaran menjalani skrining kesehatan dan dinyatakan layak menerima vaksin, maka dapat langsung diberikan vaksin di meja tersebut. Petugas selanjutnya harus mengisi hasil dari skrining dan vaksinasi di kertas kendali.

Bagi peserta sudah lolos skrining itu bisa langsung diberikan vaksin di meja tersebut, jadi tidak perlu pindah-pindah. Sementara di meja 2, petugas harus menginput kertas kendali ke dalam Pcare, observasi selama 30 menit serta cetak kartu vaksinasi.

Kegiatan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan 5M ( Memakai masker dengan benar disiplin, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas) serta agar tercapai tujuan untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan menerapkan CERDIK yaitu Cek Kesehatan secara teratur, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stress.