Tinjau PLBN Aruk dan Entikong, Menhub Pastikan

Penanganan Pelaku Perjalanan Internasional

di Pintu Masuk Negara Berjalan Baik

Minggu, 19 September 2021

Pada hari Minggu tanggal 19 September 2021. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beserta rombongan mengunjungi PLBN Aruk dan PLBN Entikong dengan menggunakan dua helikopter yang berangkat pagi pukul 09.00 WIB dari Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak.

Kunjungan Budi Karya Sumadi beserta rombongan kali ini untuk memastikan proses pemeriksaan lalu lintas orang dari luar negeri berjalan dengan baik dan sesuai prosedur. Terutama kepada Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang datang dari Malaysia.

Ikut serta dalam rombongan yaitu Kabais Letjen TNI Joni Supriyanto. Wakil Gubernur Kalimantan Barat Drs. H. Ria Norsan, MM., MH, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus, S.Sos., M.Si, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, dr. Maxi Rein Rondonuwu, Deputi VI Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenkoperekonomian Wahyu Utomo, dan awak media.

Dalam kesempatan tersebut, Menhub Budi Karya Sumadi juga meninjau Terminal Barang Internasional, tempat karantina bagi PMI, dan alur pelayanan kedatangan PMI dari Malaysia.

Menhub mengapresiasi kerja keras petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan yang telah bekerja di PLBN Aruk dan Entikong. Namun Menhub meminta agar kuantitas pemeriksaan Swab Antigen dan PCR bagi PMI ditingkatkan agar PMI yang datang dapat dipisahkan dengan cepat antara yang positif (diisolasi) dan negatif (dikarantina) serta Menhub meminta penambahan ruang isolasi dan ruang karantina di PLBN Aruk dan Entikong.

Diketahui saat ini berdasarkan SE Nomor 74, 75, dan 76 Tahun 2021 bahwa Poin Of Entry kedatangan dari luar negeri untuk perlintasan darat hanya dibuka untuk PLBN Aruk dan Entikong, untuk jalur laut Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Batam, sedangkan untuk jalur udara Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Samratulagi Manado

Pada kesempatan kunjungan tersebut, dr. Sukri La Ranti didampingi Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak Wilayah Kerja Aruk Daniel Ba’ka menjelaskan alur pelayanan pemeriksaan bagi kedatangai PMI kepada rombongan Menhub. Sedangkan saat Menhub berserta rombongan ke PLBN Entikong alur pelayanan pemeriksaan PMI dari Malaysia dijelaskan oleh Koordinator Substansi UKLW dr. Martyanti Sunindio didampingi oleh Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak Wilayah Kerja Entikong Rini Rusmawanti. Menhub memberikan apresiasi kepada kerja keras Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak dengan dua jempol di tangan.

By. Tri Aan Agustiansyah