PELAKSANAAN KEGIATAN INSPEKSI SANITASI LINGKUNGAN DAN PENGENDALIAN VEKTOR DI PELABUHAN TPI SUI. RENGAS KECAMATAN SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA KALIMANTAN BARAT

Pontianak, 14 Agustus 2023 - Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak melalui Substansi Pengendalian Risiko Lingkungan (PRL), pada hari Jumat dan Sabtu, 11-12 Agustus 2023, melaksanakan kegiatan Inspeksi Sanitasi Lingkungan dan Pengendalian Vektor di Pelabuhan TPI Sui Rengas Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat.


Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk mengendalikan faktor risiko di wilayah pelabuhan khususnya Pelabuhan TPI Sui Rengas Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat.


Kegiatan ini meliputi :


Pemetaan, Pengawasan Air Bersih (PAB), Pemeriksaan Tempat Pengolahan Pangan (TTP), Pengawasan Sanitasi Tempat-Tempat Umum (TTU), Survey Jentik DBD, Survey Jentik Malaria, Pengukuran Indeks Kepadatan Lalat, Pengukuran Indeks Kepadatan Kecoa, Pengukuran Indeks Kepadatan Tikus, Survey Nyamuk Malam Anopheles dan Fogging.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa kondisi sanitasi lingkungan di Pelabuhan TPI Sui Rengas memenuhi syarat kesehatan dan bebas dari vektor penyakit," ujar Koordinator Substansi PRL, Nelly Verawati, S.KM., M.Kes.


Hasil inspeksi menunjukkan bahwa kondisi sanitasi lingkungan di Pelabuhan TPI Sui Rengas secara umum masih memenuhi syarat kesehatan. Namun, masih terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki, antara lain:


"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, kondisi sanitasi lingkungan di Pelabuhan TPI Sui Rengas dapat semakin baik dan bebas dari vektor penyakit," ujar Nelly Verawati.


KKP Kelas II Pontianak akan terus melakukan pengawasan dan pengendalian faktor risiko di wilayah pelabuhan, termasuk di Pelabuhan TPI Sui Rengas Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit yang dapat merugikan masyarakat.



By.  NV
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak

Alamat Email : kkp.pontianak@kemkes.go.id