KKP KELAS II PONTIANAK WILAYAH KERJA PELABUHAN PADANG TIKAR LAKUKAN FOGGING UNTUK MENCEGAH PENYEBARAN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD)

Pontianak, 22 Agustus 2023 - Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak Wilayah Kerja Pelabuhan Padang Tikar melaksanakan kegiatan fogging dan abatisasi untuk mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 18 Agustus 2023, di Wilayah Kkerja Pelabuhan Padang Tikar.


Kegiatan fogging dilakukan untuk menurunkan kepadatan populasi nyamuk Aedes Aegypti, nyamuk yang dapat menyebarkan penyakit DBD. Selain fogging, KKP Kelas II Pontianak Wilayah Kerja Pelabuhan Padang Tikar juga melakukan abatisasi, yaitu penaburan bubuk abate pada tempat penampungan air yang terdapat jentik nyamuk.


Plt. Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak Wilayah Kerja Pelabuhan Padang Tikar, Bibi Zarina, S.KM., M.Kes, menyampaikan bahwa kegiatan fogging dan abatisasi ini merupakan upaya awal untuk mencegah penyebaran penyakit DBD.


"Fogging dan abatisasi ini tidak cukup untuk mencegah penyebaran DBD. Masih diperlukan upaya lain, seperti pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) oleh masyarakat," ujar Bibi Zarina.


Pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dapat dilakukan dengan cara menguras, menutup, dan mendaur ulang tempat-tempat penampungan air yang dapat menjadi sarang nyamuk. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dapat dilakukan dengan cara mandi dua kali sehari, sikat gigi dua kali sehari, menggunakan air bersih, dan menjaga kebersihan lingkungan.


KKP Kelas II Pontianak Wilayah Kerja Pelabuhan Padang Tikar mengimbau kepada masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam mencegah penyebaran penyakit DBD dengan melakukan PSN dan menerapkan PHBS.



By.  ZA & NV
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak

Alamat Email : kkp.pontianak@kemkes.go.id