MOBILE VCT (DETEKSI DINI HIV/AIDS) PADA ABK KAPAL DAN BURUH HARIAN LEPAS SERTA MASYARAKAT DI PELABUHAN KAPAL RAKYAT NIPAH KUNING PONTIANAK, 10 AGUSTUS 2023

Pontianak, 14 Agustus 2023 - Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak melalui Substansi Upaya Kesehatan Lintas Wilayah, pada hari Kamis, 10 Agustus 2023, melakukan kegiatan rutin Mobile VCT (deteksi dini HIV/AIDS) pada ABK kapal, Buruh Harian Lepas (BHL) serta Masyarakat yang berlokasi di Pelabuhan Rakyat Nipah Kuning Pontianak. 


Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya deteksi dini HIV/AIDS. HIV/AIDS merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus HIV yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Jika tidak ditangani dengan baik, HIV/AIDS dapat menyebabkan AIDS, yaitu stadium akhir dari infeksi HIV yang dapat menyebabkan kematian.


Kegiatan Mobile VCT ini disambut baik oleh masyarakat. Sebanyak 50 orang mengikuti kegiatan ini, terdiri dari 20 ABK kapal, 20 BHL, dan 10 masyarakat.


"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ini merupakan kesempatan bagi kami untuk mengetahui status HIV/AIDS kami," ujar salah satu ABK kapal yang mengikuti kegiatan ini.


Petugas Mobile VCT melakukan pemeriksaan HIV/AIDS dengan cara mengambil sampel darah dari peserta. Hasil pemeriksaan akan diketahui dalam waktu 10-14 hari.


"Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan deteksi dini HIV/AIDS. Deteksi dini HIV/AIDS sangat penting untuk mencegah penularan virus HIV dan meningkatkan kualitas hidup penderita HIV/AIDS," ujar Koordinator Substansi Upaya Kesehatan Lintas Wilayah KKP Kelas II Pontianak, dr. Andy Gunawan Pasaribu.


KKP Kelas II Pontianak akan terus melakukan kegiatan Mobile VCT di berbagai lokasi di wilayah kerja KKP Kelas II Pontianak. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan deteksi dini HIV/AIDS.



By.  ADW
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak

Alamat Email : kkp.pontianak@kemkes.go.id