PAPARAN EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN PRL TRIWULAN II DI PELABUHAN DWIKORA PONTIANAK DAN TERMINAL KIJING PELABUHAN PONTIANAK KABUPATEN MEMPAWAH

Pontianak, 7 Agustus 2023 - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pontianak melalui Substansi Pengendalian Risiko Lingkungan (PRL) menyelenggarakan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan PRL Triwulan II di Pelabuhan Dwikora Pontianak dan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak Kabupaten Mempawah. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Dwikora PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Pontianak pada hari Rabu, 2 Agustus 2023.


Kegiatan ini dibuka dan dipimpin langsung oleh General Manager PT. Pelindo (Persero) Regional 2 Pontianak, Bapak Hambar Wiyadi. Dalam sambutannya, Bapak Hambar Wiyadi menyampaikan apresiasi kepada KKP Kelas II Pontianak yang telah melaksanakan evaluasi pelaksanaan kegiatan PRL secara rutin. Evaluasi ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa kegiatan PRL di pelabuhan telah berjalan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.


Paparan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan PRL Triwulan II di Pelabuhan Dwikora Pontianak disampaikan oleh Harys Tri Laksana, S.KM dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan PRL di Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak Kabupaten Mempawah disampaikan oleh Feliandre Marafelino, S.KM. Adapun hal-hal yang dipaparkan terkait program, hasil pelaksanaan kegiatan serta temuan dan rekomendasi tindak lanjut dari hasil pelaksanaan kegiatan.


Kepala Kantor KKP Kelas II Pontianak, Bapak Rahmat Subakti, S.KM., MHM, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan evaluasi ini merupakan upaya KKP Kelas II Pontianak untuk memastikan bahwa kegiatan PRL di pelabuhan telah berjalan secara efektif dan efisien. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kerja sama antara KKP Kelas II Pontianak dengan PT. Pelindo (Persero) Regional 2 Pontianak dalam hal pengendalian risiko lingkungan di pelabuhan.


Turut serta hadir pada kegiatan tersebut DGM Kepatuhan Bisnis PT. Pelindo (Persero) Regional 2 Pontianak Bapak Mustafa, Manager HSSE PT. Pelindo (Persero) Regional 2 Pontianak Bapak Margiyono dan Koordinator Substansi PRL KKP Kelas II Pontianak Ibu Nelly Verawati, S.KM., M.Kes.


Berdasarkan hasil evaluasi, kegiatan PRL di Pelabuhan Dwikora Pontianak dan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak Kabupaten Mempawah telah berjalan sesuai dengan rencana. Namun demikian, masih terdapat beberapa hal yang perlu ditingkatkan, antara lain:



KKP Kelas II Pontianak akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pelaksanaan kegiatan PRL di pelabuhan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pelabuhan di wilayah kerja KKP Kelas II Pontianak terhindar dari pencemaran dan kerusakan lingkungan.


By. NV
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak

Alamat Email : kkp.pontianak@kemkes.go.id