SOSIALISASI PENYUSUNAN RENCANA KONTIJENSI PENANGGULANGAN POTENSI WABAH PENYAKIT MENULAR DI PELABUHAN KENDAWANGAN KABUPATEN KETAPANG

Pontianak, 22 Agustus 2023 - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pontianak melaksanakan Sosialisasi Penyusunan Dokumen Rencana Kontijensi Penanggulangan Potensi Wabah Penyakit Menular secara daring pada 21 Agustus 2023. Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah lembaga dan instansi terkait di Pelabuhan Kendawangan, Kabupaten Ketapang.


Plt. Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak, Ibu Bibi Zarina, menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan tahapan awal yang krusial sebelum dilakukan pertemuan penyusunan dokumen.


"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh pemangku kepentingan terkait dengan pentingnya rencana kontijensi dalam penanggulangan potensi wabah penyakit menular," ujar Bibi Zarina.


Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 17 tahun 2023, istilah Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) berubah menjadi Penanggulangan Potensi Wabah Penyakit Menular. KKP Kelas II Pontianak menjalankan peran aktif dalam mempersiapkan rencana kontijensi yang akan berfokus pada Pelabuhan Kendawangan di Kabupaten Ketapang.


"Pemilihan Pelabuhan Kendawangan berdasarkan pertimbangan tingginya jumlah kedatangan kapal dari luar negeri di Pelabuhan Kendawangan, serta intensitas ekspor dan potensi ekonomi yang lebih tinggi di wilayah Kendawangan menjadi alasan kuat untuk pemilihan lokasi ini," ujar Bibi Zarina.


Dalam upaya menjaga koordinasi lintas sektor, KKP Kelas II Pontianak melibatkan sejumlah narasumber yang memiliki peran krusial dalam penyusunan rencana kontijensi ini.


"Kami berharap bahwa upaya proaktif ini akan terus ditingkatkan untuk menjaga keselamatan dan kesehatan bersama," ujar Bibi Zarina.



By.  SH
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak

Alamat Email : kkp.pontianak@kemkes.go.id