7 CREW KLM. HATI BUANA ABADI SEHAT SETELAH EVAKUASI

Pontianak, 4 Desember 2023 - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pontianak berhasil mengevakuasi 7 anak buah kapal (ABK) KLM. Hati Buana Abadi yang mengalami tenggelam di laut pada Minggu, 3 Desember 2023.

Pemeriksaan kesehatan terhadap ABK-ABK tersebut dilakukan secara menyeluruh oleh tenaga medis KKP Kelas II Pontianak. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa tidak ada kondisi penyakit berat yang dialami ABK-ABK tersebut. Terdapat beberapa kondisi seperti luka di tangan, pilek, dan 4 ABK dengan kondisi tekanan darah tinggi (hipertensi).

Untuk ABK dengan luka di tangan, diberikan penanganan luka dan disarankan untuk kontrol ke puskesmas. Sedangkan untuk ABK dengan hipertensi, diberikan obat-obatan dan disarankan untuk kontrol tekanan darah ke puskesmas.

Dengan kondisi semua ABK sehat tanpa penyakit berat post drownsines (tenggelam), maka tidak dilakukan tindakan rujukan oleh pihak KKP kelas II Pontianak. Semua ABK diserahkan kembali kepada pihak KSOP Kelas I Pontianak untuk ditangani lebih lanjut.

Peristiwa tenggelamnya KLM. Hati Buana Abadi terjadi pada Minggu, 3 Desember 2023 sekitar pukul 14.00 WIB. Kapal tersebut tenggelam di perairan sekitar 30 mil dari Pelabuhan Pontianak. Penyebab tenggelamnya kapal masih dalam penyelidikan.

KKP Kelas II Pontianak mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam melakukan aktivitas di laut. Pastikan untuk selalu menggunakan alat keselamatan yang memadai dan mematuhi peraturan yang berlaku.


Oleh Humas Kakespel Pontianak
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak

Alamat Email : kkp.pontianak@kemkes.go.id