BALAI KARKES KELAS I PONTIANAK AWASI SANITASI KAPAL PENUMPANG, TFU, DAN TPP JELANG MUDIK NATAL 2023 DAN TAHUN BARU 2024 DI PELABUHAN DWIKORA PONTIANAK

Pontianak, 24 Desember 2023 - Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pontianak (BKK Pontianak) melalui Substansi Pengendalian Risiko Lingkungan (PRL) meningkatkan pengawasan sanitasi di Pelabuhan Dwikora Pontianak dalam rangka pemantauan arus mudik dan arus balik Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.


Kegiatan ini dimulai pada tanggal 18 Desember 2023 dan akan berlangsung hingga 4 Januari 2024. Fokus pengawasan meliputi:


Pengawasan higiene sanitasi kapal penumpang bertujuan untuk mengantisipasi ancaman penyakit global, masalah kesehatan darurat, dan memastikan kapal bebas dari sumber penularan penyakit, khususnya penyakit yang berpotensi wabah.


Pengawasan sanitasi TFU dilakukan untuk mencegah dan mengawasi bahaya dan kerugian akibat pemanfaatan tempat berkumpulnya masyarakat dengan risiko penularan penyakit dan terjadinya kecelakaan.


Sementara itu, pengawasan TPP dilakukan karena TPP merupakan sarana produksi yang menyiapkan, mengolah, mengemas, menyimpan, menyajikan dan/atau mengangkut pangan olahan siap saji baik yang bersifat komersil maupun non komersil. Masyarakat pemudik merupakan konsumen yang sangat potensial sekaligus menjadi populasi rentan saat menjelang Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.


Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pontianak (BKK Pontianak) berkomitmen untuk memastikan kesehatan dan keselamatan masyarakat selama periode mudik dan arus balik Natal dan Tahun Baru. Upaya ini dilakukan melalui pengawasan sanitasi yang ketat terhadap kapal penumpang, TFU, dan TPP di Pelabuhan Dwikora Pontianak.


#BKKPontianak #PengawasanSanitasi #Natal2023 #TahunBaru2024


Humas KKP Kelas II Pontianak
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak

Alamat Email : kkp.pontianak@kemkes.go.id

No. Telp. : 0561 6729032