SOSIALISASI DAN PEMBENTUKAN FORUM BANDAR UDARA SEHAT SUPADIO PONTIANAK KALIMANTAN BARAT

Pontianak, 20 Desember 2023 - Sosialisasi dan Pembentukan Forum Bandar Udara Sehat Supadio Pontianak di Kubu Raya Kalimantan Barat telah sukses diselenggarakan pada hari Rabu, 20 Desember 2023. Bertempat di Khatulistiwa Meeting Room, Lt.2 Building Adm. B-03, PT. Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara International Supadio, kegiatan ini dihadiri oleh berbagai stakeholder terkait.


EGM OF KC Bandara Supadio, Bapak Muhammad Iwan Sutisna, membuka kegiatan ini dengan sambutan yang menekankan pentingnya kesehatan di kawasan bandara. Beliau menyambut baik pembentukan Forum Bandar Udara Sehat Supadio Pontianak sebagai wadah untuk mewujudkan bandara yang sehat dan aman bagi semua pihak.


Materi tentang Konsep Penyelenggaraan Bandar Udara Sehat dipaparkan oleh Koordinator Substansi PKSE KKP Kelas II Pontianak, Ibu Bibi Zarina, SKM., M.Kes. Beliau menjelaskan bahwa terdapat dua aspek utama dalam penyelenggaraan bandar udara sehat, yaitu aspek kegiatan dan aspek kelembagaan.


Aspek kegiatan terdiri dari lima indikator:


Sedangkan aspek kelembagaan meliputi:


Koordinator Substansi PRL KKP Kelas II Pontianak, Ibu Nelly Verawati, SKM., M.Kes., kemudian memaparkan tentang Formulir Assessment Penyelenggaraan Bandar Udara Sehat. Formulir ini digunakan untuk menilai tingkat kepatuhan bandara terhadap standar kesehatan yang telah ditetapkan.


Pembentukan Forum Bandar Udara Sehat Supadio Pontianak diharapkan dapat menjadi wadah komunikasi yang dinamis, aspiratif, dan integratif. Forum ini diharapkan dapat menjalin kemitraan dan menciptakan kolaborasi dalam mewujudkan penyelenggaraan bandar udara sehat yang berkelanjutan dan berkesinambungan.


Dengan terbentuknya forum ini, diharapkan Bandara Internasional Supadio Pontianak dapat menjadi contoh bagi bandara lain di Indonesia dalam menerapkan konsep bandar udara sehat.


#BandaraUdaraSehat #Supadio #Pontianak #KKP #AngkasaPura


Humas KKP Kelas II Pontianak
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak

Alamat Email : kkp.pontianak@kemkes.go.id

No. Telp. : 0561 6729032