PENGAWASAN FUMIGASI KAPAL DI PELABUHAN LAUT DWIKORA PONTIANAK

Pontianak, 12 Juni 2023 - Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak terus menjalankan upaya pengawasan dan pengendalian terhadap penyakit yang dapat disebarkan oleh vektor dan binatang pembawa penyakit. Salah satu tindakan yang dilakukan adalah pengawasan terhadap tindakan hapus tikus pada alat angkut, yang dikenal sebagai pengawasan fumigasi kapal.


Penyakit Pes yang dapat ditularkan oleh tikus dan pinjal merupakan salah satu penyakit karantina yang perlu mendapatkan pengawasan dan pengendalian yang ketat. Salah satu cara pengendaliannya adalah melalui kegiatan deratisasi atau penghapusan tikus dengan metode fumigasi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberantas hospes perantaranya, yaitu tikus, dengan menggunakan bahan kimia beracun seperti fumigant Methyl Bromide (CH3Br) atau Sulfuryl Flouride (SO2F2).


Pelaksanaan fumigasi kapal adalah salah satu langkah penting dalam menurunkan risiko penularan penyakit oleh vektor dan binatang pembawa penyakit pada alat angkut yang berada di bawah pengawasan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Meskipun penyelenggaraannya dilakukan oleh sektor swasta, pengawasan KKP terhadap proses fumigasi ini sangat diperlukan.


Pada tanggal 12 Juni 2023, telah dilaksanakan kegiatan fumigasi pada kapal KM.**** GT. 4173 yang berlabuh di Dermaga 02 Pelabuhan Laut Dwikora Pontianak. Dalam pelaksanaan fumigasi tersebut, melibatkan 23 ABK kapal. Pengawasan fumigasi dilakukan oleh Nelly Verawati, SKM., M.Kes dan Feliandre Marafelino, SKM., sedangkan peran petugas medis diemban oleh Nuzzila Rahma dan supir Herkan Setiawan.


Hasil dari fumigasi tersebut menunjukkan adanya 11 ekor tikus, lebih dari 250 ekor kecoa Periplaneta Americana, dan kurang dari 100 ekor Blatella Germanica yang ditemukan di kapal. Dengan tindakan penyehatan kapal yang telah dilakukan, diharapkan dapat menurunkan faktor risiko penularan penyakit yang disebarkan oleh vektor di kapal tersebut.


Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak akan terus melakukan pengawasan dan tindakan preventif lainnya guna memastikan keamanan kesehatan masyarakat, terutama dalam konteks pengendalian penyakit yang dapat menyebar melalui alat angkut seperti kapal-kapal di Pelabuhan Laut Dwikora Pontianak.



By.   NV
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak

Alamat Email : kkp.pontianak@kemkes.go.id