PROMOSI KESEHATAN DENGAN INFOGRAFIS TERKAIT PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN VEKTOR PADA ALAT ANGKUT KAPAL

Pontianak, 1 Juni 2023 - Pemeriksaan Sanitasi Kapal adalah kegiatan pemeriksaan faktor risiko kesehatan masyarakat di atas Kapal pada seluruh ruang dan media pada Kapal yang meliputi dapur, ruang rakit makanan, gudang, palka, ruang tidur, air bersih, limbah cair, tangki air ballast, sampah medik dan sampah padat, air cadangan, kamar mesin, fasilitas medik, kolam renang dan area lain yang diperiksa. Salah satu tujuan pemeriksaan Sanitasi Kapal adalah untuk mengetahui keberadaan Vektor dan Binatang Pembawan Penyakit.


Keberadaan Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit hingga saat ini masih merupakan masalah faktor risiko kesehatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan penularan penyakit yang erat kaitannya dengan perilaku kru dan kebersihan lingkungan pada kapal. Selain dapat mempengaruhi kesehatan kru kapal, keberadan Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit dapat berakibat dilakukannya tindakan sanitasi berupa disinfeksi, dekontaminasi, disinseksi, dan deratisasi.


Promosi kesehatan dapat digunakan untuk mengubah perilaku dan kondisi lingkungan. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggunakan pendekatan perubahan sosial. Selain itu, promosi kesehatan juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas sanitasi lingkungan. Salah satu bentuk promosi kesehatan adalah dengan pembuatan infografis.


Infografis adalah bentuk visualisasi data atau informasi yang dirancang untuk membuat informasi yang kompleks menjadi lebih mudah dipahami dan diingat oleh audiens. Dengan menampilkan informasi yang menarik dan mudah dipahami, infografis diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya kru kapal terkait pencegahan Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit masuk ke Kapal.


#vbp2_kemenkes


By.  FM
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak

Alamat Email : kkp.pontianak@kemkes.go.id