SURVEY NYAMUK ANOPHELES SP DI PELABUHAN LAUT DWIKORA PONTIANAK DAN BANDAR UDARA INTERNATIONAL SUPADIO PONTIANAK

Pontianak, 5-6 Juni 2023 - Mulai pukul 18.00 WIB hingga 22.00 WIB, Substansi Pengendalian Risiko Lingkungan (PRL) Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pontianak telah melaksanakan kegiatan Survey Nyamuk Anopheles SP di lingkungan Pelabuhan Laut Dwikora Pontianak dan Bandar Udara International Supadio Pontianak. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk menentukan indeks kepadatan vektor Nyamuk Anopheles SP sebagai dasar untuk pengendalian yang tepat guna dalam mencegah penularan penyakit Malaria, terutama di wilayah Pelabuhan Laut Dwikora Pontianak dan Bandar Udara International Supadio Pontianak.


Dalam pelaksanaannya, survey Nyamuk Anopheles SP di Pelabuhan Laut Dwikora Pontianak difokuskan pada area terminal penumpang dan sekitarnya, sementara di Bandar Udara International Supadio Pontianak, fokus survey berada di Akses Security Cek Point (ASCP) dan area sekitarnya.


Metode yang digunakan dalam penangkapan Nyamuk Anopheles adalah dengan cara manual menggunakan alat bernama aspirator. Proses penangkapan dilakukan dengan memasang umpan badan pada 40 menit pertama, kemudian pada 10 menit berikutnya, dilakukan penangkapan nyamuk yang mungkin berada di dinding dan semak-semak di sekitar area survey.


Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa di Pelabuhan Laut Dwikora Pontianak dan Bandar Udara International Supadio Pontianak, tidak ditemukan adanya Nyamuk Anopheles SP. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh kondisi lingkungan di kedua lokasi tersebut, di mana habitatnya berupa selokan dengan aliran air yang tidak lancar dan bukan merupakan area persawahan.


Pencapaian ini menjadi langkah positif dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat di wilayah Pelabuhan Laut Dwikora Pontianak dan Bandar Udara International Supadio Pontianak dengan menunjukkan minimnya potensi penularan penyakit Malaria melalui Nyamuk Anopheles SP di dua lokasi strategis tersebut.



By.  NV
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak

Alamat Email : kkp.pontianak@kemkes.go.id