KKP KELAS II PONTIANAK LAKUKAN INSPEKSI SANITASI DAN PENGUKURAN KUALITAS AIR DI PELABUHAN DWIKORA DAN BANDAR UDARA SUPADIO PONTIANAK

Pontianak, 12 Mei 2023 - Kantor Kesehatan Pelauhan (KKP) Kelas II Pontianak telah melaksanakan kegiatan inspeksi sanitasi di Tempat-Tempat Umum (TTU), pengawasan Tempat Pengolahan Pangan (TPP), dan pengukuran kualitas air bersih di Pelabuhan Laut Dwikora dan Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak pada Jumat, 12 Mei 2023.


Sanitasi yang terjaga di lingkungan Pelabuhan dan Bandar Udara memiliki peran penting dalam mencegah potensi penyebaran penyakit dan dampak negatif bagi kesehatan dan lingkungan sekitar. Kedua fasilitas ini menjadi tempat berkumpulnya berbagai aktivitas, baik pengguna maupun barang, yang masuk dan keluar dari negara. Seiring dengan itu, untuk mendukung kelancaran aktivitas tersebut, berbagai fasilitas seperti gedung pengatur kedatangan dan keberangkatan alat angkut, area ekspor-impor, serta fasilitas kantin atau rumah makan juga telah dibangun.


Pada tanggal 12 Mei 2023, KKP Kelas II Pontianak melalui seksi Pengendalian Risiko Lingkungan (PRL) melaksanakan inspeksi sanitasi di tempat-tempat umum, pengawasan tempat pengolahan pangan, serta pengukuran kualitas air bersih di Pelabuhan Laut Dwikora Pontianak dan Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak.


Hasil dari kegiatan ini akan menjadi dasar bagi pihak pengelola pelabuhan dan bandar udara untuk melakukan perbaikan yang diperlukan. Dengan rekomendasi dan saran yang diberikan oleh petugas KKP Kelas II Pontianak, diharapkan pelabuhan dan bandar udara dapat terus terjaga kebersihannya serta tidak menjadi tempat potensial penularan penyakit.


Nelly Verawati selaku Koordinator Substansi Pengendalian Risiko Lingkungan KKP Kelas II Pontianak, menjelaskan, "Kegiatan inspeksi sanitasi ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di pelabuhan dan bandar udara. Kami berharap bahwa dengan upaya kolaboratif ini, pelabuhan dan bandar udara dapat tetap menjadi tempat yang aman dan bersih bagi masyarakat."*


Dengan terjaga sanitasi dan kualitas lingkungan yang baik, diharapkan Pelabuhan Laut Dwikora Pontianak dan Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak akan menjadi lingkungan yang nyaman, aman, dan bebas dari potensi penyakit.


By. NV
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak

Alamat Email : kkp.pontianak@kemkes.go.id