KULIAH DOSEN TAMU : SANITASI PELABUHAN DI POLTEKKES KEMENKES PONTIANAK

Pontianak, 25 Mei 2023 - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pontianak berperan sebagai Dosen Tamu di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Pontianak, Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan, untuk mata kuliah "Sanitasi Pelabuhan." Kuliah ini berlangsung secara tatap muka (offline) pada Kamis (25/05/2023) lalu.


Sebagai narasumber, KKP Kelas II Pontianak menghadirkan Bapak Harys Tri Laksana, SKM, dan Bapak Adi Wijayanto, S.ST. Dalam paparannya, mereka memberikan penjelasan yang mendalam tentang pentingnya Inspeksi Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Vektor di Wilayah Pelabuhan, yang merupakan pintu masuk lalu lintas bagi orang-orang dan barang antar negara.


Pelabuhan seringkali menjadi titik awal penyebaran penyakit menular dan masuknya vektor penyakit dari berbagai negara. Oleh karena itu, kuliah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang peran sanitasi pelabuhan dalam menjaga kesehatan masyarakat.


Selama kuliah, juga dibahas mengenai sanitasi alat angkut, seperti sanitasi kapal, serta teknik Pemeriksaan Inspeksi Kesehatan Lingkungan Fasilitas Tempat-Tempat Umum (TTU), Tempat Pengolahan Pangan (TPP), Penyediaan Air Bersih (PAB), dan teknik pengendalian vektor di pelabuhan. Tujuan dari kuliah ini adalah agar mahasiswa memahami secara mendalam mengenai sanitasi pelabuhan dan memiliki kemampuan untuk melakukan inspeksi kesehatan lingkungan serta pengendalian vektor. Diharapkan mereka dapat berkontribusi dalam menjaga kebersihan pelabuhan sebagai langkah awal dalam melindungi kesehatan masyarakat di wilayah pelabuhan.



By.  NV
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak

Alamat Email : kkp.pontianak@kemkes.go.id