KUNJUNGAN PRAKTIK LAPANGAN MAHASISWA D.IV POLTEKKES KEMENKES PONTIANAK DI PELABUHAN LAUT DAN BANDAR UDARA

Pontianak, 29 Mei 2023 - Sebanyak 23 mahasiswa Program Studi Kesehatan Lingkungan Diploma IV Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Pontianak melakukan kunjungan praktik lapangan yang berlangsung di Pelabuhan Laut Dwikora Pontianak dan Bandar Udara International Supadio Pontianak. Kunjungan ini merupakan bagian dari pembelajaran mata kuliah Sanitasi Tempat-Tempat Umum (STTU).


Profil lulusan Diploma IV Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Pontianak mengharapkan mereka mampu melaksanakan inspeksi kesehatan lingkungan dan pengendalian vektor, terutama di wilayah pelabuhan laut dan bandar udara, yang merupakan pintu masuk lalu lintas bagi orang-orang dan barang antar negara.


Kunjungan praktik lapangan ini dimulai dengan pengarahan dan briefing di Aula Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak oleh Koordinator Substansi Pengendalian Risiko Lingkungan (PRL) KKP Kelas II Pontianak. Selama kegiatan praktik lapangan, mahasiswa juga dibimbing oleh 8 staf PRL dari KKP Kelas II Pontianak serta 2 staf dari Poltekkes Kemenkes Pontianak.


Pelabuhan laut dan bandar udara sering kali menjadi titik awal penyebaran penyakit menular dan masuknya vektor penyakit dari berbagai negara. Oleh karena itu, pembelajaran tentang Sanitasi Tempat-Tempat Umum (STTU) memberikan pemahaman yang mendalam tentang peran sanitasi dan inspeksi kesehatan lingkungan dalam menjaga kesehatan masyarakat, terutama di wilayah pelabuhan laut dan bandar udara.


Kegiatan kunjungan praktik lapangan ini merupakan bagian dari upaya Poltekkes Kemenkes Pontianak untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi tantangan dalam bidang kesehatan lingkungan, khususnya dalam pengendalian risiko lingkungan di pintu masuk penting seperti pelabuhan dan bandar udara.



By.  NV
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak

Alamat Email : kkp.pontianak@kemkes.go.id