PENGUKURAN KEPADATAN LALAT DI PELABUHAN LAUT DWIKORA DAN BANDAR UDARA INTERNASIONAL SUPADIO PONTIANAK

Pontianak, 22 Mei 2023 - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pontianak, melalui Substansi Pengendalian Risiko Lingkungan (PRL), telah menjalankan kegiatan penting dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit yang mungkin ditularkan oleh vektor lalat. Kegiatan ini dilakukan di Pelabuhan Laut Dwikora Pontianak dan Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak pada hari Kamis, tanggal 11 Mei 2023.


Pengelolaan sampah yang sistematis dan berkesinambungan adalah langkah yang sangat penting untuk menjaga kualitas kesehatan masyarakat dan lingkungan. Namun, jika sampah tidak dikelola dengan baik, ini dapat menimbulkan berbagai permasalahan, salah satunya adalah peningkatan keberadaan lalat sebagai vektor penyakit potensial. Lalat dapat menjadi pembawa berbagai penyakit serius seperti thipoid fever, parathypoid fever, dan disentri basiler.


Dalam rangka menghadapi potensi penyebaran penyakit melalui lalat, KKP Kelas II Pontianak telah melakukan layanan survei vektor diare (lalat) di lokasi-lokasi strategis seperti Pelabuhan Laut Dwikora Pontianak dan Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak. Tujuan utama dari pengamatan ini adalah untuk mengidentifikasi dan memahami kepadatan populasi lalat di tempat-tempat ini yang berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya lalat.


Hasil pengamatan yang diperoleh dari kegiatan ini diharapkan akan memberikan wawasan dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit yang dapat ditularkan oleh vektor, terutama di Wilayah Kerja KKP Kelas II Pontianak. Tindakan preventif yang tepat dan langkah-langkah pengelolaan lingkungan yang bijaksana akan membantu melindungi kesehatan masyarakat dan lingkungan sekitarnya.


KKP Kelas II Pontianak berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, serta melindungi lingkungan dari ancaman potensial penyakit yang dapat ditularkan oleh vektor seperti lalat. Keberhasilan dalam pengelolaan risiko lingkungan ini merupakan langkah penting menuju masyarakat yang lebih sehat dan lingkungan yang lebih bersih dan aman.


By. NV
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak

Alamat Email : kkp.pontianak@kemkes.go.id