SURVEI PRESEPSI ANTI KORUPSI PADA KKP KELAS II PONTIANAK TRIWULAN I TAHUN 2023

Pontianak, 2 Mei 2023 - Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak (KKP Pontianak) telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam memberikan pelayanan yang lebih baik dan transparan bagi masyarakatnya. Sebagai satuan kerja yang melaksanakan peran dan fungsi pelayanan stategis di wilayah pelabuhan, KKP Pontianak mengelola sumber daya yang cukup besar untuk memberikan layanan yang lebih berkualitas.


Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik, KKP Pontianak berencana menjalankan Pilot Project yang menargetkan wilayah bebas dari korupsi dan birokrasi bersih melayani. Proyek ini akan diawali dengan penunjukan Pos Pelabuhan, wilayah kerja (wilker), dan Kantor Induk yang akan menjadi percontohan. Langkah ini dilakukan dengan harapan memperoleh masukan dan partisipasi yang lebih aktif dari masyarakat terkait pelayanan yang diberikan di lingkungan sekitar.


"Zona Integritas (ZI) menuju wilayah bebas korupsi dan birokrasi bersih melayani kami wujudkan sebagai bentuk tanggung jawab dan transparansi dalam pelayanan publik," ujar Bapak Irfan Wahyudi, Kepala KKP Pontianak. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa dalam upaya mencapai zona integritas, KKP Pontianak akan menekankan integritas penyelenggara dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.


Salah satu aspek penting dalam pengukuran integritas penyelenggara pelayanan publik adalah potensi suap dan kemungkinan penambahan biaya di luar tarif resmi yang telah ditetapkan. Dalam mengukur hal ini, KKP Pontianak telah melakukan survei pada triwulan I tahun ini untuk mengidentifikasi potensi risiko dan menjalankan perbaikan yang diperlukan.


Hasil survei tersebut akan menjadi panduan bagi KKP Pontianak dalam merancang dan mengimplementasikan langkah-langkah strategis yang lebih baik untuk mencapai zona integritas. KKP Pontianak mengundang partisipasi aktif masyarakat dalam memberikan masukan yang berharga, yang akan membantu proses peningkatan pelayanan dan pencapaian zona integritas. Langkah ini diharapkan dapat membangun lingkungan yang lebih transparan, akuntabel, serta memberikan pelayanan yang lebih baik bagi semua pihak yang berinteraksi di wilayah pelabuhan.


POKJA VI

Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak

Alamat Email : kkp.pontianak@kemkes.go.id