KUNJUNGAN PRAKTIK LAPANGAN MAHASISWA D.III POLTEKKES KEMENKES PONTIANAK DI PELABUHAN DWIKORA DAN BANDAR UDARA SUPADIO PONTIANAK TAHUN 2023

Pontianak, 12 November 2023 - Sebanyak 36 mahasiswa Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Pontianak melakukan kunjungan praktik lapangan di Pelabuhan Dwikora Pontianak dan Bandar Udara International Supadio Pontianak pada hari Jumat tanggal 03 November 2023.


Kunjungan ini merupakan salah satu rangkaian proses pembelajaran mata kuliah Sanitasi Transportasi, Pariwisata dan Matra. Sebagaimana diketahui bahwa profil lulusan Diploma III Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Pontianak diharapkan dapat melaksanakan inspeksi sanitasi kapal dan pesawat serta inspeksi kesehatan lingkungan dan pengendalian vektor khususnya di wilayah Pelabuhan Dwikora dan Bandar Udara Supadio sebagai pintu masuk lalu lintas dari orang-orang dan barang antar negara.


Kunjungan praktik lapangan dimulai dengan pengarahan atau briefing di Aula Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak oleh Koordinator Substansi Pengendalian Risiko Lingkungan (PRL) KKP Kelas II Pontianak. Kegiatan praktik ini juga dibimbing oleh staf PRL sebanyak 8 orang dan 2 staf dari Poltekkes Kemenkes Pontianak.


Dalam kunjungannya, mahasiswa diajak untuk melakukan inspeksi sanitasi kapal dan pesawat, inspeksi kesehatan lingkungan, dan pengendalian vektor di Pelabuhan Dwikora dan Bandar Udara Supadio. Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan petugas kesehatan pelabuhan dan bandara terkait dengan penerapan sanitasi dan kesehatan lingkungan di lingkungan pelabuhan dan bandara.


Pelabuhan dan bandara sering kali menjadi titik awal bagi penyebaran penyakit menular dan masuknya vektor penyakit dari berbagai negara. Dalam upaya mencegah hal tersebut, pembelajaran tentang Sanitasi Transportasi, Pariwisata dan Matra memberikan pemahaman yang mendalam tentang peran sanitasi alat angkut (kapal dan pesawat) dan inspeksi kesehatan lingkungan untuk menjaga kesehatan masyarakat khususnya di wilayah pelabuhan dan bandara.


Kegiatan kunjungan praktik lapangan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan yang berharga bagi mahasiswa dalam memahami penerapan sanitasi dan kesehatan lingkungan di lingkungan pelabuhan dan bandara. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kerja sama antara Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak dengan Poltekkes Kemenkes Pontianak dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang kesehatan lingkungan.



Oleh Humas Kakespel Pontianak
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak

Alamat Email : kkp.pontianak@kemkes.go.id