SOSIALISASI DAN PEMBENTUKAN FORUM PELABUHAN SEHAT PONTIANAK

Pontianak, 12 November 2023 - Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak membentuk Forum Pelabuhan Sehat Pontianak pada hari Rabu tanggal 08 Nopember 2023 di Ruang Pertemuan Dwikora Kantor PT. Pelindo Regional II Pontianak.


Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari instansi dan stakeholder yang berada di Kawasan Pelabuhan Pontianak, antara lain Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Pontianak, PT. Pelindo Regional II Pontianak, PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero), Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak, Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Dinas Perhubungan Kota Pontianak, Dinas Lingkungan Hidup Kota Pontianak, dan Kepolisian Daerah Kalimantan Barat.


Kegiatan ini diawali dengan kata sambutan oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas I Pontianak, Capt. Weku Frederik Karuntu, MM dan General Manager PT. Pelindo Regional II Pontianak, Hambar Wiyadi.


Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak, dr. Mokhamad Zainul Mukhorobin, MMRS, dalam paparannya menyampaikan bahwa Forum Pelabuhan Sehat Pontianak merupakan suatu sarana atau wadah partisipasi semua instansi dan stakeholder yang berada di Kawasan Pelabuhan Pontianak untuk ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan pelabuhan sehat di Kota Pontianak.


Dalam penyelenggaraan pelabuhan sehat terdapat dua indikator, yaitu indikator aspek kegiatan dan indikator kelembagaan. Pada indikator aspek kegiatan terdapat lima bidang, yaitu:


Sedangkan indikator kelembagaan terdapat tujuh aspek, yaitu:


Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak berharap, dengan terbentuknya Forum Pelabuhan Sehat Pontianak, dapat menjadi wadah komunikasi yang bersifat dinamis, aspiratif, dan integrative, serta menjalin kemitraan dan menciptakan kolaborasi dalam penyelenggaraan pelabuhan sehat yang berkelanjutan dan berkesinambungan.


Manfaat Pembentukan Forum Pelabuhan Sehat Pontianak

Berikut adalah beberapa manfaat yang diharapkan dari pembentukan Forum Pelabuhan Sehat Pontianak:


Pembentukan Forum Pelabuhan Sehat Pontianak merupakan langkah penting dalam upaya menciptakan lingkungan pelabuhan yang bersih, sehat, dan aman. Forum ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi semua pihak untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam mewujudkan pelabuhan yang sehat dan aman bagi masyarakat.



Oleh Humas Kakespel Pontianak
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak

Alamat Email : kkp.pontianak@kemkes.go.id