KULIAH DOSEN TAMU MATA KULIAH SANITASI TRANSPORTASI, PARIWISATA DAN MATRA OLEH KKP KELAS II PONTIANAK

Pontianak, 28 Oktober 2023 - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pontianak melalui substansi Pengendalian Risiko Lingkungan (PRL) memberikan kuliah Dosen Tamu di Poltekkes Kemenkes Pontianak Mahasiswa Semester V Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan pada mata kuliah "Sanitasi Transportasi, Pariwisata dan Matra", Selasa (24/10/2023) lalu secara tatap muka (offline).


Kuliah Dosen Tamu ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pentingnya sanitasi transportasi, pariwisata, dan matra dalam mencegah penyebaran penyakit.


Sebagai Dosen Tamu atau Narasumber adalah Nelly Verawati, SKM., M.Kes dan Yuyun Darmawati, SKM. Dalam paparannya, kedua narasumber memberikan penjelasan tentang sanitasi alat angkut (sanitasi kapal dan pesawat) sebagai moda transportasi yang diharapkan tidak menjadi tempat penyebaran penyakit bagi pengguna moda transportasi tersebut.


Selain itu juga disampaikan tentang Inspeksi Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Vektor pada kondisi Matra contohnya Asrama Haji, diantaranya dijelaskan bagaimana cara pemeriksaan Inspeksi Kesehatan Lingkungan Fasilitas Tempat-Tempat Umum (TTU), Tempat Pengolahan Pangan (TPP), Penyediaan Air Bersih (PAB) dan Teknik Pengendalian Vector di Asrama Haji.


Kuliah Dosen Tamu ini disambut antusias oleh mahasiswa. Mahasiswa merasa mendapatkan banyak pengetahuan baru tentang sanitasi transportasi, pariwisata, dan matra.


Kepala KKP Kelas II Pontianak, dr. Mokhamad Zainul Mukhorobin, MMRS, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kuliah Dosen Tamu ini.


“Kuliah Dosen Tamu ini merupakan salah satu bentuk kontribusi KKP Kelas II Pontianak dalam meningkatkan kualitas pendidikan di bidang kesehatan lingkungan,” ujar dr. Mokhamad Zainul Mukhorobin, MMRS.


“Kami berharap mahasiswa dapat memanfaatkan ilmu yang diperoleh dari kuliah ini untuk menjadi tenaga kesehatan lingkungan yang profesional dan berkontribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” tutup dr. Mokhamad Zainul Mukhorobin, MMRS.



Oleh Humas Kakespel Pontianak
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak

Alamat Email : kkp.pontianak@kemkes.go.id