PENANGANAN KEGAWATDARURATAN PADA PENUMPANG PESAWAT LION AIR

Pontianak, 3 Oktober 2023 - Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak memberikan pelayanan kegawatdaruratan kepada penumpang pesawat Lion Air tujuan Jakarta yang mengalami insiden saat melakukan cek-in mandiri di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak pada Selasa, 3 Oktober 2023.


Penumpang tersebut tiba-tiba mengalami penurunan kesadaran saat sedang melakukan cek-in. Avsec dibantu oleh porter dan perwakilan maskapai membawa penumpang tersebut ke Klinik Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak Willker Supadio untuk mendapatkan pertolongan pertama.


Pemeriksaan awal oleh Petugas Kesehatan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak menunjukkan bahwa penumpang tersebut mengalami serangan stroke. Penumpang juga mengalami luka hematom dan perdarahan di kepala, serta mengalami hemiparesis.


Setelah mendapatkan pertolongan pertama, penumpang tersebut segera dirujuk ke RSUD dr. Soedarso Pontianak untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Setibanya di rumah sakit, penumpang langsung ditempatkan di Ruang Mini ICU IGD.


Tips Berpergian


Berikut adalah beberapa tips berpergian untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, terutama yang berkaitan dengan kesehatan:



Dengan mengikuti tips-tips tersebut, diharapkan Anda dapat melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman.



Oleh  dr. MHA & TM
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak

Alamat Email : kkp.pontianak@kemkes.go.id