KKP KELAS II PONTIANAK GELAR SIMULASI PENANGGULANGAN WABAH PENYAKIT MENULAR DI MEMPAWAH

Pontianak, 17 Oktober 2023 - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pontianak menggelar kegiatan Simulasi dan Table Top Exercise Penanggulangan Potensi Wabah Penyakit Menular di Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak di Kabupaten Mempawah Tahun 2023. Kegiatan yang digelar di Mempawah Convention Center ini dihadiri oleh 115 peserta dari berbagai sektor yang mewakili berbagai instansi terkait di Kabupaten Mempawah dan Pontianak.


Sekretaris Daerah Kabupaten Mempawah, Drs. H. Ismail, M.M., membacakan sambutan Bupati Mempawah, Hj. Erlina, S.H., M.H., pada acara Simulasi Table Top Exercise menyoroti pentingnya kerja sama dalam menghadapi potensi wabah penyakit menular. Ia menekankan peran Terminal Kijing sebagai pintu masuk utama, pengawasan faktor risiko penyakit, kerja sama lintas program dan lintas sektor, serta respons cepat terhadap kasus dicurigai. Kegiatan ini diharapkan meningkatkan pemahaman dalam menghadapi situasi darurat kesehatan masyarakat di Kabupaten Mempawah.


Sambutan Kepala KKP Kelas II Pontianak, dibacakan oleh Bibi Zarina, SKM., M.Kes, menekankan ancaman potensi wabah penyakit flu burung H5N1 dan pentingnya kerja sama lintas sektor untuk melindungi masyarakat. Ia juga mengapresiasi dukungan dari pemerintah daerah serta seluruh stakeholder dalam kegiatan ini.


Dalam simulasi tersebut, peserta berperan sebagai petugas kesehatan, aparat keamanan, dan pihak terkait lainnya. Peserta disimulasikan untuk menangani kasus wabah penyakit menular, mulai dari identifikasi kasus, penanganan kasus, hingga pemantauan pasca-penanganan. Kegiatan ini mendapat apresiasi dari para peserta.


KKP Kelas II Pontianak akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi wabah penyakit menular. KKP juga akan terus bersinergi dengan berbagai pihak terkait untuk melindungi masyarakat dari ancaman wabah penyakit menular.


Kegiatan ini merupakan salah satu upaya KKP Kelas II Pontianak dalam meningkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi wabah penyakit menular. KKP juga akan terus bersinergi dengan berbagai pihak terkait untuk melindungi masyarakat dari ancaman wabah penyakit menular.



Oleh Humas Kakespel Pontianak
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak

Alamat Email : kkp.pontianak@kemkes.go.id