KKP KELAS II PONTIANAK TINGKATKAN KESIAPSIAGAAN DAN KOORDINASI PENANGGULANGAN WABAH PENYAKIT MENULAR DI PELABUHAN KENDAWANGAN

Ketapang, 5 September 2023 - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pontianak melaksanakan Pertemuan Dokumen Rencana Kontijensi untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan koordinasi dalam menghadapi potensi wabah penyakit menular dan situasi kedaruratan kesehatan masyarakat di Pelabuhan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.


Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 29 s.d 31 Agustus 2023 di Hotel Grand Zuri Ketapang. Pertemuan ini dibuka oleh Asisten 1 Setda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Ketapang, Drs. Heryandi, M.Si.


KKP Kelas II Pontianak bekerja sama dengan stakeholder lintas sektor dan lintas program yang relevan, antara lain Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang, Dinas Karantina Pertanian Kelas II Pontianak, Dinas Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Hasil Perikanan Kelas II Pontianak, Dinas Perhubungan Kabupaten Ketapang, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Pontianak, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Ketapang.


Kegiatan ini menekankan pentingnya komunikasi, koordinasi, dan pembentukan jejaring yang kuat antara berbagai pihak terkait. Salah satu inisiatif yang disoroti adalah Penyusunan Dokumen Rencana Kontijensi Penanggulangan Potensi Wabah Penyakit Menular/Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) di Pelabuhan Kendawangan Kabupaten Ketapang.


Dokumen Rencana Kontijensi ini akan memastikan bahwa pada saat terjadi situasi darurat kesehatan masyarakat di Pelabuhan Kendawangan, semua instansi dan lintas sektor terkait sudah memiliki peran, fungsi, sarana, dan sumber daya yang terdefinisi dengan baik. Hal ini memungkinkan upaya bersama dalam menangani situasi darurat kesehatan masyarakat dengan cepat dan efisien.


Plt. Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak, Ibu Bibi Zarina, S.KM., M.Kes, menegaskan dalam sambutannya bahwa pertemuan ini bukan sekadar penyusunan dokumen, melainkan juga memperkuat jaringan yang akan membawa manfaat jangka panjang dalam tugas dan fungsi masing-masing pihak. Pertemuan ini merupakan komitmen KKP Kelas II Pontianak untuk menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat di Pelabuhan Kendawangan dan sekitarnya.



By.  Humas Kakespel Pontianak
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak

Alamat Email : kkp.pontianak@kemkes.go.id