KKP KELAS II PONTIANAK LAKUKAN RUJUKAN DAN PENANGANAN KEGAWATDARURATAN PENUMPANG KAPAL PENUMPANG KM. BUKIT RAYA

Pontianak, 26 September 2023 - Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak memberikan pelayanan rujukan dan kegawatdaruratan kepada seorang penumpang Kapal Penumpang KM. Bukit Raya yang baru saja tiba dari Tanjung Pinang pada Jumat, 22 September 2023.


Penumpang tersebut bernama Tn. WR, berusia 78 tahun, dan mengalami gangguan pernapasan yang serius yang diduga akibat susp. Pneumonia. Tim medis Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak segera bertindak dengan cepat memberikan pemeriksaan awal dan tindakan kegawatdaruratan kepada Tn. WR.


Tindakan medis awal yang dilakukan termasuk pemeriksaan TTV (Tanda-Tanda Vital) dan pemasangan masker NRM O2 dengan aliran 8 LPM. Selanjutnya, pasien Tn. WR dirujuk ke RSUD Sultan Syarif Muhammad Alkadrie Kota Pontianak.


Di rumah sakit, pasien menjalani pemeriksaan penunjang seperti rontgen thorak dan EKG (Elektrokardiogram), serta menerima penanganan medis yang lebih lanjut sesuai dengan kondisinya. Seluruh proses pelayanan rujukan dan kegawatdaruratan berlangsung hingga pukul 21.00.


Tindakan ini merupakan komitmen Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak dalam menjaga kesehatan dan keselamatan penumpang. Pelayanan rujukan dan kegawatdaruratan ini merupakan bagian integral dari upaya untuk memberikan perlindungan maksimal kepada para penumpang.


Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak akan terus memastikan pelayanan kesehatan dan keselamatan para penumpang yang datang melalui pelabuhan. Semua langkah ini diambil dengan harapan agar pelaksanaan perjalanan penumpang berjalan aman.



By.  dr.MHA
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak

Alamat Email : kkp.pontianak@kemkes.go.id