PERTEMUAN ADVOKASI DAN SOSIALISASI IMUNISASI JAPANESE ENCEPHALITIS (JE) DI KALIMANTAN BARAT

Pontianak, 5 September 2023 - Dalam upaya mengamankan kesehatan generasi muda Kalimantan Barat, Gubernur H. Sutarmidji, S.H., M.Hum, bersama dengan perwakilan pusat, instansi vertikal, lintas sektoral, serta kabupaten/kota di Kalimantan Barat menghadiri Pertemuan Advokasi dan Sosialisasi Introduksi Imunisasi Japanese Encephalitis (JE) di Hotel Harris Pontianak pada 29 Agustus 2023.


Dalam laporan Direktur Pengelolaan Imunisasi, perlunya komitmen dukungan pemberian imunisasi Japanese Encephalitis yang akan dicanangkan melalui imunisasi massal pada 26 September 2023 di Provinsi Kalimantan Barat.


Direktur Jenderal P2P, Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM., MARS, menegaskan, "target sasaran imunisasi massal JE adalah anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun kemudian dilanjutkan pelaksanaan imunisasi rutin pada anak usia 10 bulan setelah pelaksanaan imunisasi massal JE selesai." Ini merupakan langkah penting dalam melindungi anak-anak dari penyakit yang dapat mengancam sistem saraf mereka.


Imunisasi JE merupakan respons terhadap kasus yang ditemukan di 24 negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Penyakit ini dapat menyebabkan gangguan neuro yang serius dan bahkan kematian. Oleh karena itu, langkah pencegahan melalui imunisasi sangat diutamakan.


Dalam acara ini, juga disampaikan informasi terkait jenis vaksin JE yang akan digunakan, strategi kampanye imunisasi, serta langkah-langkah keamanan vaksin. Semua pihak menegaskan komitmen bersama untuk kesuksesan program imunisasi JE ini, dengan harapan dapat mencegah penyebaran penyakit yang potensial mematikan ini di Kalimantan Barat.


Program ini akan dimulai dari anak-anak SMP sampai dengan TK, dengan bantuan dari orangtua dan Ibu-Ibu PKK dalam mensosialisasikannya. Dengan upaya bersama ini, Kalimantan Barat berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dari ancaman Japanese Encephalitis.



By.  Humas Kakespel Pontianak
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak

Alamat Email : kkp.pontianak@kemkes.go.id