KKP KELAS II PONTIANAK SOSIALISASIKAN PENGHITUNGAN KEBUTUHAN JABATAN FUNGSIONAL KESEHATAN MELALUI APLIKASI RENBUT

Pontianak, 4 September 2023 - Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak mengadakan kegiatan sosialisasi mengenai Penghitungan Kebutuhan Jabatan Fungsional Kesehatan melalui Aplikasi Renbut pada Kamis, 24 Agustus 2023. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh staf KKP Kelas II Pontianak, baik secara daring maupun luring.


Kegiatan ini diinisiasi sebagai respons terhadap Surat Plt. Kepala Biro Organisasi dan SDM Kementerian Kesehatan RI Nomor : KP.03.02/A.IV/4164/2023. Aplikasi Renbut merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan RI untuk mempermudah perhitungan kebutuhan tenaga kesehatan di setiap satuan kerja.


Chrisman L. J. S., selaku Kepala Sub Bagian Adum KKP Kelas II Pontianak, memimpin jalannya kegiatan. Paparan diberikan oleh Ibu Dewi Purnama Sari Staf Kepegawaian KKP Kelas II Pontianak sebagai narasumber memberikan materi terkait penggunaan Aplikasi Renbut dalam perhitungan kebutuhan jabatan fungsional kesehatan.


Dalam paparannya, Ibu Dewi menjelaskan bahwa aplikasi ini akan mempermudah setiap satuan kerja dalam menghitung jumlah tenaga kesehatan yang dibutuhkan. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan setiap satuan kerja untuk mengajukan usulan langsung terkait jumlah tenaga kesehatan yang dibutuhkan.


Salah satu poin penting yang diungkapkan dalam kegiatan ini adalah rencana pengembangan Aplikasi Renbut. Aplikasi ini akan dikembangkan lebih lanjut, tidak hanya dalam lingkup perhitungan kebutuhan tenaga jabatan fungsional kesehatan, tetapi juga untuk perhitungan tenaga jabatan fungsional non-kesehatan. Langkah ini diharapkan dapat memberikan solusi holistik dalam perencanaan sumber daya manusia di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak.


Kegiatan sosialisasi ini merupakan langkah konkret dalam menghadirkan teknologi sebagai pendukung perencanaan yang lebih akurat dan efisien. Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak berkomitmen untuk terus mengadopsi inovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, termasuk dalam aspek manajemen sumber daya manusia.



By.  DPS
Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak

Alamat Email : kkp.pontianak@kemkes.go.id