BKK PONTIANAK TINGKATKAN PENGAWASAN KEDATANGAN PESAWAT LUAR NEGERI SELAMA LEBARAN

Pontianak, 16 April 2024 – Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pontianak (BKK Pontianak) meningkatkan pengawasan terhadap kedatangan pesawat dari luar negeri selama masa situasi khusus Lebaran. Hal ini dilakukan untuk memastikan kesehatan dan keamanan masyarakat di wilayah Kalimantan Barat.


"Peningkatan pengawasan ini dilakukan dengan berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pontianak, maskapai penerbangan, dan instansi terkait lainnya," ujar Kepala BKK Pontianak, dr. Mokhamad Zainul Mukhorobin, MMRS.

Lebih lanjut, dr. Mokhamad Zainul Mukhorobin, MMRS menjelaskan bahwa BKK Pontianak telah melakukan beberapa langkah konkrit untuk meningkatkan pengawasan, di antaranya:


"Kami berkomitmen untuk terus melakukan pengawasan terhadap kedatangan pesawat dari luar negeri, baik selama masa situasi khusus Lebaran maupun di luar periode tersebut. Hal ini dilakukan untuk mencegah masuknya penyakit menular ke wilayah Kalimantan Barat," tegas dr. Mokhamad Zainul Mukhorobin, MMRS.


Hasil Pengawasan

Hingga tanggal 14 April 2024, BKK Pontianak telah melakukan pengawasan terhadap beberapa pesawat dari luar negeri yang mendarat di Bandara Supadio Pontianak. Dari hasil pengawasan, tidak ditemukan faktor risiko kedaruratan kesehatan dari alat angkut, orang maupun barang pada pesawat-pesawat tersebut.


BKK Pontianak menghimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan udara dari luar negeri untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan diri, serta mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Apabila mengalami gejala sakit, segera laporkan kepada petugas kesehatan di bandara.


Oleh Humas BKK Pontianak
Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pontianak

Alamat Email : balaikarkespontianak@kemkes.go.id

No. Telp. : 0561 6729032