PENGAMBILAN SAMPEL MAKANAN DAN AIR PADA KANTIN DI BANDARA INTERNATIONAL SUPADIO DAN PELABUHAN DWIKORA PONTIANAK

BKK Pontianak Pastikan Keamanan Pangan di Bandara dan Pelabuhan

Pontianak, 13 Februari 2024 – Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pontianak (BKK Pontianak) melalui Substansi Pengendalian Risiko Lingkungan (PRL) terus berkomitmen untuk memastikan keamanan pangan di Bandara Internasional Supadio dan Pelabuhan Dwikora Pontianak. Pada hari Senin, 12 Februari 2024, BKK Pontianak telah melaksanakan kegiatan pengambilan sampel makanan dan air pada kantin di kedua lokasi tersebut.


Pengujian Sampel

Sampel yang diambil selanjutnya akan diuji parameter terkait di Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Kalimantan Barat. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui kandungan fisika, kimia, maupun bakteriologis pada makanan dan air bersih maupun air minum agar sesuai dengan baku mutu kesehatan.


Kegiatan Rutin

Kegiatan pengambilan dan pengiriman sampel makanan dan air ini dilaksanakan secara rutin setiap bulan pada tahun 2024. Hal ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan kesehatan makanan dan air yang dikonsumsi oleh masyarakat di Bandara Internasional Supadio dan Pelabuhan Dwikora Pontianak.


Tata Cara Pengambilan Sampel

Pengambilan sampel dilakukan dengan mengikuti tata cara yang telah ditetapkan, antara lain:


Komitmen BKK Pontianak

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen BKK Pontianak dalam melindungi kesehatan masyarakat dan mencegah penyebaran penyakit yang dapat ditularkan melalui makanan dan air. BKK Pontianak akan terus melakukan pengawasan dan monitoring terhadap keamanan pangan di wilayah kerjanya.



Humas BKK Pontianak
Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pontianak

Alamat Email : balaikarkespontianak@kemkes.go.id

No. Telp. : 0561 6729032