PENGAMBILAN SAMPEL AIR DAN MAKANAN SERTA PENGUJIAN LAPANGAN SAMPEL AIR (PEMANTAUAN KUALITAS AIR) DI PELABUHAN SUKABANGUN KETAPANG DAN PELABUHAN KENDAWANGAN

Pontianak, 17 Februari 2024 - Tim Kerja Pengawasan Faktor Risiko Lingkungan BKK Kelas I Pontianak pada tanggal 15 Februari 2024 melakukan kunjungan kerja ke Ketapang dan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Kunjungan ini bertujuan untuk melakukan pengambilan sampel air dan makanan serta pengujian lapangan sampel air (pemantauan kualitas air) di kantin-kantin yang berada di sekitar Pelabuhan Sukabangun Ketapang dan Pelabuhan Kendawangan.


Tim yang terdiri dari Bapak Sutrisno, S.IP., M.Si., M.Kes, Harys Tri Laksana, SKM., Yuyun Darmawati, SKM., dan Diyan Ekowati didampingi oleh petugas BKK Kelas I Pontianak Wilayah Kerja Ketapang Eko Hadma Dewantara dan Wilayah Kerja Kendawangan Bapak Muji Utomo.


Kegiatan diawali dengan koordinasi kepada pemilik kantin untuk selanjutnya dilakukan pengambilan sampel air dan makanan sesuai dengan volume yang dibutuhkan untuk pemeriksaan fisik dan kimia. Sampel tersebut kemudian dikemas dalam box berisi es dan dibawa ke Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Kalimantan Barat untuk diuji lebih lanjut.


Selain pengambilan sampel air dan makanan, tim juga melakukan pengujian lapangan air bersih di Pelabuhan Sukabangun Ketapang dan Pelabuhan Kendawangan. Parameter yang diuji meliputi PH air, Nitrat, Besi (Fe), kadar garam, kesadahan dan Chlorine.


Kepala BKK Kelas I Pontianak, dr. Mokhamad Zainul Mukhorobin, MMRS., menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk memastikan kualitas air dan makanan di kantin-kantin sekitar pelabuhan yang sering dikunjungi oleh masyarakat.


“Hasil pengujian air dan makanan ini akan menjadi bahan evaluasi dan rekomendasi kepada pengelola kantin untuk meningkatkan kualitas air dan makanan yang mereka sajikan,” ujar dr. Mokhamad Zainul Mukhorobin, MMRS.


Ia menambahkan bahwa BKK Kelas I Pontianak berkomitmen untuk terus melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap faktor risiko lingkungan di wilayah kerjanya, termasuk di area pelabuhan.


“Tujuannya adalah untuk melindungi masyarakat dari potensi bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan oleh air dan makanan yang tidak memenuhi standar kesehatan,” tegasnya.



Oleh Humas BKK Pontianak
Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pontianak

Alamat Email : balaikarkespontianak@kemkes.go.id

No. Telp. : 0561 6729032