PENYULUHAN KEAMANAN PANGAN SIAP SAJI BAGI PENJAMAH MAKANAN DI WILAYAH PELABUHAN DWIKORA PONTIANAK

Pontianak, 22 Februari 2024 - Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pontianak melalui Tim Kerja Pengawasan Faktor Risiko Kesehatan Lingkungan menyelenggarakan Penyuluhan Keamanan Pangan Siap Saji. Kegiatan ini diikuti oleh 21 peserta yang terdiri dari produsen, penyedia, dan penyelenggara pangan olahan siap saji (TPP) di wilayah Pelabuhan Dwikora Pontianak.


Penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan edukasi para TPP terkait keamanan dan higiene sanitasi pangan. Materi disampaikan oleh narasumber yang berkompeten di bidang keamanan pangan dan higiene sanitasi.


Harys Trilaksana, SKM., narasumber pertama, menyampaikan materi tentang Sosialisasi OSS Label Pengawasan Pembinaan Hygiene Sanitasi Pangan. Utami kemudian melanjutkan dengan materi tentang Hygiene Perorangan, dan Yuyun Darmawati, SKM., menutupnya dengan materi tentang Penyakit Bawaan Pangan dan Bahan Pencemar Pangan.


Narasumber menekankan pentingnya TPP memiliki Sertifikat Laik Higiene Sanitasi (SLHS) atau label. Mereka juga menginformasikan tata cara pengajuan Sertifikasi Laik Higiene Sanitasi melalui OSS. Selain itu, penjamah makanan diimbau untuk selalu menjaga keamanan pangan dengan menerapkan prinsip higiene sanitasi perorangan.


Pengawasan pengelolaan pangan meliputi 4 (empat) aspek yang harus memenuhi syarat: tempat/bangunan, peralatan, penjamah pangan, dan pangan. Pengawasan dilakukan oleh pengelola, penyelenggara, atau penanggung jawab dengan menggunakan form Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) sesuai dengan jenis TPP.


Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran TPP dalam menjaga keamanan dan higiene sanitasi pangan, sehingga dapat memberikan produk pangan yang aman dan sehat bagi konsumen.



Oleh Humas BKK Pontianak
Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pontianak

Alamat Email : balaikarkespontianak@kemkes.go.id

No. Telp. : 0561 6729032