SOSIALISASI DETEKSI DINI PENYAKIT TB DAN SURVEI FAKTOR RISIKO PENYAKIT HIV/AIDS

Pontianak, 26 Februari 2024 - Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pontianak, sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bidang kekarantinaan, memiliki tugas dan fungsi untuk mencegah dan menangkal keluar atau masuknya penyakit dan/atau faktor risiko kesehatan masyarakat di wilayah kerja Pelabuhan, bandar udara, dan pos lintas batas darat.


Salah satu fokus utama Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pontianak adalah pengendalian penyakit Tuberkulosis (TB) dan HIV/AIDS. Tuberkulosis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis, sedangkan HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Kedua penyakit ini memiliki hubungan kompleks dan saling memperburuk, serta memiliki prevalensi signifikan di seluruh dunia.


Berdasarkan data Global TB Report 2023 dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Indonesia menempati peringkat kedua dengan jumlah pengidap TB terbanyak. Kasus TB terus meningkat dari 10 juta orang di 2020 menjadi 10,3 juta pada 2021 dan kembali naik menjadi 10,6 juta pada 2022. Dari jumlah tersebut, sekitar 8,2% juga terinfeksi HIV.


Menyadari tingginya angka kejadian TB dan HIV, Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pontianak melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Deteksi Dini TB dan Survei Faktor Risiko Penyakit HIV/AIDS pada tanggal 26 Februari 2024 di lingkungan Pelabuhan Dwikora Pontianak. Kegiatan ini diikuti oleh 56 responden dan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang bahaya TB dan HIV/AIDS, serta mendeteksi dini potensi kasus di wilayah pelabuhan.


Sosialisasi disampaikan oleh narasumber yang berkompeten di bidang kesehatan. Materi yang disampaikan meliputi:


Selain sosialisasi, juga dilakukan tes skrining TB dan HIV/AIDS secara gratis kepada para peserta. Hasil tes skrining akan dirahasiakan dan konseling akan diberikan kepada mereka yang menunjukkan hasil positif.


Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pontianak dalam mewujudkan kesehatan masyarakat di wilayah kerja Pelabuhan Dwikora Pontianak.



Oleh Humas BKK Pontianak
Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pontianak

Alamat Email : balaikarkespontianak@kemkes.go.id

No. Telp. : 0561 6729032