BKK PONTIANAK EVAKUASI JENAZAH PENUMPANG KAPAL DI PELABUHAN DWIKORA PONTIANAK

Pontianak, 2 Maret 2024 - Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pontianak (BKK Pontianak) melakukan evakuasi jenazah penumpang KM Sabuk Nusantara 30 yang meninggal dunia saat kapal berlabuh di Dermaga Dwikora Pontianak pada hari Sabtu, 2 Maret 2024 pukul 03.00 WIB.


Kapal tersebut membawa 25 penumpang yang berasal dari daerah Teluk Melano-Padang Tikar. Pada hari Jumat, 1 Maret 2024, pukul 20.00 WIB, pihak kapal melaporkan adanya penumpang yang meninggal dunia. BKK Pontianak dan Pelindo Pontianak kemudian dihubungi untuk melakukan evakuasi jenazah.


BKK Pontianak segera melakukan surveilans/penyelidikan epidemiologi untuk mengetahui penyebab kematian dan mencegah potensi kedaruratan kesehatan masyarakat. Perwira jaga BKK Pontianak melakukan pemeriksaan terhadap anak pasien, pengukuran suhu kepada 25 penumpang, dan disinfeksi pada lingkungan sekitar jenazah.


Hasil penyelidikan menunjukkan bahwa jenazah memiliki riwayat penyakit menular, namun tidak menular melalui udara. Jenazah kemudian dievakuasi ke daerah asal di Kabupaten Sambas.


BKK Pontianak menghimbau kepada nahkoda dan ABK kapal untuk memiliki kemampuan penanganan kegawatdaruratan di kapal dan melakukan disinfeksi secara berkala. BKK Pontianak juga bekerja sama dengan stakeholder terkait seperti KSOP, kepolisian, dan Pelindo untuk memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang kapal di Pelabuhan Dwikora Pontianak.


Oleh Humas BKK Pontianak
Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Pontianak

Alamat Email : balaikarkespontianak@kemkes.go.id

No. Telp. : 0561 6729032